RSS

...Kebahagian itu gak jatuh dari Langit, tapi Kebahagiaan itu perlu diusahakan, dan yang bisa mengusahakan adalah diri kita sendiri..

Pages

Mengukir Anugerah dari Kelemahan

Setiap pagi setibanya di kantor saya tuh punya kebiasaan meluruskan rambut kriwil saya dengan pencatok rambut yang saya juluki dengan ‘obat kece’ ini, dia hampir selalu ada dimanapun saya berada, dan saya akan seperti kebakaran jenggot kalo catokan rambut ini tertinggal dimanapun, pernah loh saya bela-belain gak jadi pergi ke resepsi pernikahan seorang teman hanya karna sang catokan ketinggalan di laci meja kantor saya. Pokoknya saya merasakan betapa saya gak bisa hidup tanpanya dan sangat bergantung pada alat tersebut.

Suatu hari saat saya tengah bersiap melakukan aksi meluruskan rambut dengan catokan di toilet kantor, seorang teman menertawakan saya, sambil bertanya, “emang kenapa sih non..elo musti catokan tiap hari?? “ dan sayapun menjawab sambil melepaskan ikatan rambut saya seraya memperlihatkan padanya kondisi rambut saya sebelum ritual meluruskan rambut itu dimulai, ‘nih..liat rambut gue, ya.. kayak gini kalo gak dicatok, kriwil kayak anjing pudel....enggak banget tauk !!’ bukannya kasihan teman saya itu malah tertawa lebih keras lagi sambil berkata, “maksud gw emang gak ada apa model rambut yang bisa elo pake dengan modal dasar kriwil ala anjing pudel loe itu ?”  ‘kampret..!!’ kata saya dalam hati. Saya memang agak sensitif kalo untuk urusan rambut, karna sedari kecil dulu saya punya keinginan memiliki rambut lurus, nan bagus seperti iklan shampo, padahal sebenarnya saya sadar bahwa rambut lurus nan bagus itu hanya bikinan para pembuat produk perawatan rambut, buktinya rambut teman2/ saya juga aneka rupa bentuknya, gak ada yang sebagus di iklan shampo.
Hingga suatu saat ketika  saya dan beberapa teman memutuskan mengobati kejenuhan di kantor dengan hang out ke mall yang gak jauh dari kantor hanya untuk sekedar menikmati kopi secara berjamaah’. Seorang teman melihat kehebohan saya saat melepaskan ikatan rambut ditambah lagi karna hari itu rambut saya gak sempet saya catok karena sang catokan tertinggal di rumah, Gak Pede ? Jelass...saya merasakannya 1000 persen di hari itu, hingga saking gak pedenya saya pun mengikat rambut saya sepanjang hari. Namun alangkah terkejutnya, tiba2/ teman saya itu menjerit melihat saya.  Ahh..lagi-lagi dalam hati saya bilang pastilah dia terkejut melihat kriwil saya yg gak beraturan ini, tapi ternyata sayapun gak kalah terkejut ketika tiba2/ dia bilang, “OhMyGod....non..rambut loe keren bangetttt!!! Sumpah deh...gak usah dicatok loe tuh jadi keliatan cantik dan sexy...!!’ dengan tampang bingung saya cuma bisa berkata, ‘ahh..mosok sih??’ “iya non bener kok! Gw gak boong, tanya deh sama yang lain” dan bagaikan seruan panduan suara yang bersahut-sahutan beberapa teman yang hari itu bersama dengan kami pun spontan menjawab...”iya non..cakep begitu lagee..!! elo sih gak pernah percaya kalo gw kasih tau ..”
Akhirnya, beberapa teman ikut merapikan rambut saya dengan tangan mereka hingga membuat ikal rambut saya makin mengembang, penasaran saya pun segera lari ke toilet di mall hanya untuk mencari kaca yang super besar untuk melihat dengan jelas seperti apa jadinya rambut saya ini..
Dan..ternyata teman2/ saya gak bohong, saya melihat wajah saya jadi beda lebih cantik dengan rambut ikal tanpa sentuhan catok sama sekali..ahem, apalagi saya makin percaya diri ketika ada seorang yg gak saya kenal memuji kecantikan saya dan bilang kalo rambut saya bagus banget...cieee..
Mulai hari itu akhirnya saya memutuskan untuk tidak sering-sering meluruskan rambut dengan catokan rambut, dan mulai merasa nyaman dengan rambut ikal kriwil saya ini.
Hal tersebut seperti menyadarkan saya bahwa manusia gak ada yang sempurna, lucunya saya sering menyesali kekurangan saya seperti sebelumnya saya amat membenci rambut kriwil saya tersebut dan bermimpi punya rambut seindah iklan shampo, kadang saya gak menyadari kelebihan diri sendiri hingga akhirnya dibutuhan orang lain untuk menyadarkan saya akan kelebihan yang saya miliki ini, tapi saya percaya bukan saya aja yang sering merasa seperti ini orang lain pasti pernah merasakannya juga, contoh paling gampang bahwa kita akan jauh lebih mudah menceritakan kekurangan dibanding kelebihan diri , iya kan?!
Kemarin-kemarin saya tak pernah menggubris teman yang mengingatkan untuk tidak sering-sering mencatok rambut karna bisa mengakibatkan kerusaka pada rambut, malahan usulannya untuk sesekali membiarkan rambut saya tergerai dengan model kriwil, saya tolak dengan keras, dengan alasan takut keliatan aneh, hehehe..mungkin buat saya waktu itu keliatan aneh karena saya enggan meninggalkan zona nyaman’.
Ternyata zona yang tak nyaman (sementara) itu justru menjadikan saya lebih baik. Makin sadar pula bahwa Kelemahan itu untuk dikenali dengan baik, disiasati dan diatasi, sedangkan  untuk menemukan Kelebihan diperlukan teman, sahabat dan orang lain yang tulus memberikan support & dorongan untuk melihat tiap jengkal kelebihan yang kita miliki.....So, jangan pernah takut mengukir anugerah dari kelemahan yang kita punya...
Selamat menemukan kejutan-kejutan dari segala kelebihanmu  ya temans........

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar